Sambutan Rektor

IKIP Budi Utomo Malang berdiri tahun 1984 . Kehadiran perguruan IKIP Budi Utomo Malang ini bersamaan dengan semakin tingginya kebutuhan terhadap guru yang profesional. Saat ini IKIP Budi Utomo Malang satu-satunya perguruan tinggi berbasis kependidikan dan keguruan di Malang Raya. Selain itu sejak diberlakukan akreditasi, IKIP Budi Utomo Malang mencatat prestasi sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) kependidikan pertama di Jawa Timur yang mendapatkan status terakreditasi. Selanjutnya 4 tahun kemudian tepatnya tahun 2002, IKIP Budi Utomo Malang kembali mendapatkan status terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sehingga saat ini status terakreditasi rata-rata program studi diselenggarakan IKIP Budi Utomo Malang mendapatkan nilai B.

Pada tahun 2009 IKIP BUdi Utomo Malang mendapatkan penghargaan dari Kopertis Wil. VII sebagai Perguruan Tinggi Berprestasi di Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta berprestasi di bidang Tata Kelola. Selain itu, 5 tahun terakhir mahasiswa IKIP Budi Utomo meraih berbagai penghargaan di beberapa cabang Olahraga (Sepakbola, Bola Volly, Panjat Tebing, dll) baik ditingkat Nasional maupun ditingkat Regional.

Adapun saat ini jumlah program studi yang diselenggarakan IKIP Budi Utomo Malang sebanyak 7 program studi dengan jenjang pendidikan sarjana strata satu (S-1), yaitu program studi :

  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
  • Pendidikan Sejarah dan Sosiologi

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul, Sehat dan Berbudi utama yang mengacu pada kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada Tahun 2026

Misi

  • Menyelenggarakan dan Mengembangkan pendidikan dan Pelajaran yang Unggul dan berbudiutama
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang unggul dan bermanfaat dalam kerangka pengembangan pendidikan dan pembelajaran.
  • Menyelenggarakan dan memperluas pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan insan berbudi utama.
  • Meningkatkan dan menciptakan pengelolaan institusi yang sehat.

Tujuan

  • Kepribadian luhur (akhaqul karimah)
  • Wawasan pengetahuan dan keterampilan
  • Kemampuan memahami peserta didik belajar dan berkembang, serta menyediakan kesempatan belajar yang mendukung perkembangan intelektual, sosial dan personal
  • Kemampuan memahami perbedaan peserta didik dalam kaitannya dengan pendekatan belajar siswa serta terampil menciptakan model pembelajaran yang mengadaptasi perbedaan intelektual, kecepatan belajar dan perbedaan kemampuan
  • Kemampuan menggunakan berbagai strategi instruksional
  • Kemampuan untuk memahami individu dan kelompok serta menciptakan sarana pembelajaran yang dapat menumbuhkan interaksi sosial yang positif.

SK ban pt nomor

1025/SK/BAN-PT/AKRED/PT/VI/2016​